Rabu, 26 Agustus 2009

Ayo Tingkatkan Daya Ingat Kamu !


MEMANG banyak hal yang harus kita ingat, apalagi buat kita pelajar. Banyak sekali pelajaran yang kita terima setiap harinya. Nah, apa jadinya kalau kita selalu lupa dengan pa ayang sudah kita pelajari? Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk meningkatkan daya ingat dan biar enggak dibilang pikun sama teman-teman tentunya.

1. Makan makanan yang cukup dan bergizi. Otak membutuhkan nutrisi untuk bekerja dengan maksimal, khususnya vitamin B complex yang sangat baik untuk kerja syarat dan otak.

2. Olah raga teratur, setidaknya 3-5 kali satu minggu. Kenapa? Karena olah raga akan melancarkan sirkulasi darah, memperkuat organ tubuh, dan menghindarkan stress yang nantinya bisa mengganggu kerja otak.

3. Relaksasi, setelah menggunakan otak dengan maksimal di hari sekolah apa salahnya kalau kamu bersantai di hari libur.

4. Selalu gunakan otak kamu. Sebenarnya otak kita mampu menampung banyak informasi, hanya saja kadang kita tidak menggunakannya. Ketika menerima informasi, konsentrasi terhadap apa yang sedang kamu terima. Jika kamu menemui hal yang biasanya sulit kamu ingat, perhatikan hal lain yang dapat kamu gunakan mengingatnya. Misalnya untuk mengingat nama orang, kamu ingat-ingat mungkin namanya mirip dengan artis atau orang yang pernah kamu kenal sebelumnya.

5. Istirahatkan otak. Selain relaksasi di akhir pekan, penting juga untuk break saat otak kamu bekerja sangat keras. Ambil beberapa menit untuk sekedar menutup mata dan tidak memikirkan apapun, tarik napas dalam-dalam untuk menambah pasokan oksogen ke otak sebelum kamu kembali bekerja.

6. Gunakan otak kanan dan kiri kamu.Otak kiri bertugas logika, berfikir otak kanan bertugas memahami emosi, seni kolaborasikan kedua bagiannya yang akibatnya tidak hanya meningkatkan daya ingat tetapi juga berpotensi meningkatkan kecerdasan disamping IQ. Menggunakan stimulasi-stimulasi lain seperti misalnya menggunakan bagian tubuh kanan dan kiri juga bisa membantu(sering disebut senam otak). Bisa juga dengan mengingat sesuatu dengan menyanyikannya, ini terbukti positif buat otak dan ingatan kamu!

7. Last but not least, selalu berpikir positif. Kalau belum apa-apa kamu sudah bad thingking, kamu akan merasa defensif dan malah tidak bisa berpikir dengan tenang.

Nah, bisa dicoba tipsnya. Apalagi menjelang ujian nih, ayo kerahkan kerja otak kamu untuk menampung informasi penting. Good luck yah!***

Sumber :
astri_belia@yahoo.com
http://www.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=59503
26 Agustus 2009

Sumber Gambar:
http://www.dietsinreview.com/diet_column/wp-content/uploads/2008/11/brainstorm.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar