Rabu, 26 Agustus 2009

Secangkir Kopi Pertajam Daya Ingat

Minum secangkir kopi di pagi hari ternyata bukan hanya sekedar rutinitas, tetapi bagi sebagian orang sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Mengapa? Karena kopi merupakan stimulan atau perangsang dala arti positif, yaitu secangkir kopi bisa mengawali hari yang baru dengan penuh semangat,karena tubuh terasa lebih segar sehingga gairah kerja meningkat . Hal ini disebabkan didalam kopi terdapat zat yang dapat membantu merubah cadangan lemak menjadi energy yang disebut kafein.

KAFEIN
Kafein merupakan bagian dari sekelompok senyawa yang dikenal sebagai metilsantin, sedangkan bagian lain dari senyawa ini dikenal sebagai trofilin dan teobromin yang terdapat secara alamiah dalam 63 jenis species tumbuhan. Dan salah satu sumber utama kafein adalah kopi.

Kafein memang masuk dalam golongan zat yang punya kemampuan menstimultan otak. Kalau dipisahkan dari zat-zat lainnya, kafein aslinya berbentuk bubuk putih dengan rasa agak pahit, namun bagi pemakainya akan mendapatkan kekuatan extra untuk berperang melawan rasa lelah karena munculnya semangat yang tinggi.

PENGARUH KOPI BAGI OTAK
Disamping member kebugaran pada tubuh,ternyata kopi bisa membantu berfikir lebih cepat. Orang yang akan melakukan wawancara kerja atau memberikan presentasi, jika minum kopi 15 atau 30 menit sebelum acara dilakukan hasilnya akan cukup lumayan, karena kafein dalam kopi ternyata mampu memberikan sinyal pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan cepat mengolah memori pada otak.

Para pelajar dan mahasiswa pun begitu percaya dengan minum kopi sebelum mereka belajar membuat daya ingat mereka menjadi tajam, semua yang dipelajari akan mudah untuk diserap.

Mengapa kafein dapat mempertajam daya ingat? Salah satu yang membuat orang mudah tidur adalah peran senyawa adenosin dalam sel otak, jika zat ini terikat oleh receptor nya, secara otomatis akan memperlambat aktivitas sel tubuh, juga menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Dan ternyata kafein dapat menyaingi fungsi adnosin, terutama dalam membuat ikatan dengan receptor. Kefein tidak akan memperlambat gerak tubuh. Seiring Makin banyak nya kafein yang terserap masuk, lambat laun sel tubuh tidak akan merespon terhadap perintah-perintah adenosine, karena receptor di otak lebih sibuk bergumul dengan kafein, kafein membalikan semua pola kerja adenosin yang dapat menimbulkan rangsangan terhadap susunan saraf otak, sehingga daya pikir menjadi lebih tajam. Kafein dapat mencapai otak dan masuk sistem saraf melalui aliran darah dalam waktu 15 menit setelah seseorang minum kopi.

Setiap yang berlebihan tidak baik akibatnya, demikian juga dengan minum kopi yang berlebihan akan berpotensi mengundang penyakit seperti insomnia, sakit kepala yang hebat, jantung berdebar-debar, bahkan kepanikan akan timbul terutama pada orang-orang yang sensitive.

Kopi yang sering dituding sebagai kambing hitam timbulnya penyakit ternyata mempuyai sisi positif, teruskanlah minum kopi demi kebugaran anda dengan kadar kafein hingga 240mg atau setara dengan 2-3 gelas perhari, dan anda kan tetap sehat. (15 Juli 2009)

Sumber :
http://www.krisbiatno.co.cc/2009/07/secangkir-kopi-pertajam-daya-ingat.html
26 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar