Rabu, 26 Agustus 2009

Tips: Melatih Daya Ingat

Memori seperti pisau. Perlu dilatih agar tetap tajam. Depresi, kesedihan, kelelahan bisa menumpulkan memori. Begitu juga tingkah laku yang tidak peduli dan tidak percaya diri. Bagaimana cara untuk mengasah ingatan kita?

Kekuatan otak
Kita perlu membangun kekuatan otak dengan menikmati belajar hal baru, mengunjungi tempat baru, mempertahankan level tinggi dalam reading comprehension. Main kartu, teka-teki silang, games komputer, atau main piano juga menjaga pikiran tetap aktif, dan menambah fungsi daya ingat. Kalau ada di tempat baru, kita juga bisa mengingat letak 10 objek. Lalu kalau sudah meninggalkan tempat itu, coba kita gambarkan lagi setepat-tepatnya.

Memberi perhatian
Seringnya kita lupa karena tidak begitu memperhatikan. Sibuk memikirkan apa yang akan dikerjakan berikutnya. Atau lagi kacau pikirannya. Maka, simak baik-baik saat membaca atau mendengerkan orang ngomong. Coba perhatikan detilnya. Makin banyak petunjuk yang kita berikan ke diri saat menyimpan informasi, makin gampang memori dibangkitkan lagi.

Usahakan mencatat
Catat janji, simpan jadwal, kalender, dan diary itu penting. Simpan di satu organizer atau letakkan di tempat yang mudah terlihat, seperti dinding kamar, kaca. Menuliskan hal-hal penting, membantu melekatkan informasi ke daya ingat kita.

Menggambarkan info
Telepon Pak Bambang? Pak Bambang yang mana, ya? Kalau banyak hal yang perlu diingat, gambarkan dengan sesuatu yang mudah diingat. Contoh, karena rambutnya pirang, kita gambarkan seperti bule (Christian 'bule'). Lalu ulangi menyebut namanya, misal, "Terima kasih, ya Christian".

Beri arti
Kita suka lupa, kalau infonya kedengaran biasa saja. Karena lebih mudah diingat, kalau kita beri singkatan, diubah dalam sajak, cerita atau kode.

Mengulang info
Akan membantu jika kita mengeluarkan info dari memori, beberapa kali sebelum kita benar-benar membutuhkan. Contoh, parkir di mal di area 5F. Sebutkan nomornya. Beberapa waktu kemudian ulangi lagi, misalnya 20 menit, sejam, dua jam, dan seterusnya.

Rileks saja
Dompet saya di mana, ya? Kalau mendadak tidak ingat, rileks saja. Bayangkan suatu tempat yang tenang. Rasakan suasana yang nyaman yang kita bayangkan itu, lalu tarik napas dalam-dalam. Latihan ini membantu kita tenang dan mendapatkan kontrol kembali.

Menjaga kebugaran
Semua vitamin dan mineral penting untuk fungsi otak. Terutama vitamin B kompleks, termasuk B12, Thiamine, niacin, B6, dan zat besi, yang biasa terdapat pada produk susu, beras, sayuran hijau, daging sapi, ayam, dan ikan. Latihan fisik meningkatkan aliran darah ke otak, yang penting buat memelihara memori. Contoh, dengan aktif jalan kaki, naik sepeda, atau latihan lain yang teratur.
(red06/inilah) (9 Agustus 2009)

Sumber :
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=43716:tips-melatih-daya-ingat&catid=28:kesehatan&Itemid=48
26 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar